Sabtu, 26 Desember 2009

JARINGAN KOMPUTER

Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Merupakan jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.


Jenis-Jenis Jaringan

1. Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekata atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.
3. Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakuka halini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Wireless (Jaringan tanpa kabel), jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Jenis-jenis Topologi serta pengertiannya

Topologi Star : setiap sistem pengguna komputer berhubungan langsung ke server dan tidak perlu berhubungan ke pengguna komputer lain.

Topologi Tree/ Hierarchical : topologi ini berbentuk seperti sebuah pohon dengan cabangnya. Topologi ini terdiri atas Central Node atau komputer spesifikasi tinggi dan node (komputer spesifikasi rendah). Central Node sebagai house komputer merupakan jenjang tertinggi (top Hierarchical) yang berfungsi untuk mengkoordinasi node pada jenjang dibawahnya.

Topologi Ring : pada topologi ini semua komputer saling berhubungan fisik membentuk lingkaran yaitu seperti topologi bus tapi ujung-ujungnya saling berhubungan. Data yang anda kirim diberi alamat (address). Tujuannya agar data sampai di komputer tujuan dengan selamat. Setiap komputer diberi repeater yang berfungsi sebagai berikut:
- Listen State : setiap data dikirim kembali dengan mengalami delay waktu.
- Bypass State : untuk menghilangkan delay waktu dari sistem yang tidak aktif.

Topologi Bus : Topologi bus menghubungkan beberapa node, setiap node membuat tugasnya masing-masing. Setiap komputer disambungkan dengan terminal buss (berbentuk huruf T) dan kedua ujung diberi resistor dengan nilai resistansi 30 OHM.

Topologi Switch : memiliki nama lain yaitu topologi Web, Mesh, Plex atau topologi completely connected.

Topologi Daisy, chain atau loop : topologi ini merupakan revolusi dari topologi bus dan topologi ring yaitu setiap simpul terhubung langsung ke dua simpul lain dan melalui kabel dan membentuk saluran, bukan lingkaran utuh. Pada topologi ini semua node berhubungan secara serial (bukan parallel) sehingga tidak mengenal Central Node dan house node karena semua memiliki status dan kedudukan yang sama.


Jenis dan Kegunaan Perangkat Jaringan


Semua komputer , peripheral, interface card dan perangakat tambahan yang terhubung ke dalam satu sistem jaringan komputer untuk melakukan komunikasi data. Disini ada beberapa Jenis dan Kegunaan dari perangkat jarkom. Antara Lain :
1. Server
• Pusat kontrol dari jaringan komputer
• Biasanya berupa komputer berkecepatan tinggi dengan kapasitas RAM yang besar dan memiliki space hardisk cukup besar pula
• Sistem operasi yang digunakan merupakan sistem operasi khusus yang
dapat memberikan berbagai layanan bagi workstation.
2. Workstation
• Semua komputer yang terhubung dengan jaringan dapat dikatan sebagai workstation
• Melakukan akses ke server guna mendapat layanan yang telah disediakan oleh server
3. Network Interface Card (NIC)
• Menghubungkan sebuah komputer ke jaringannya
• Memberikan suatu koneksi fisik antara kabel jaringan dengan bus internal komputer
4. HUB
• Menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan skala kecil (LAN)Prinsip kerja :
semua anggota jaringan yang terhubung dengan perangakat ini melakukan transmisi data pada jaringan (collision domain). Ini berarti, jika lebih dari satu komputer mengirim data ke jaringan secara bersamaan, maka tidak satupun komputer yang dapat memanfaatkan 100% bandwidth jaringan yang tersedia.
5. SWITCH
• Untuk menghubungkan multiple komputer
• Lebih cerdas dan memiliki performa tinggi dibanding hub
6. Kelebihan dari switch :
• Mampu menginspeksi paket-paket data yang mereka terima
• Mampu menentukan sumber dan tujuan paket yang melaluinya
• Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat.
7. REPEATER
• Meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk
• Data (bits) yang maasuk ke salah satu port dikirim ke luar melalui semua port
8. BRIDGE
• Memecah jaringan yang besar. Bridge bekerja pada layer data-link dari model OSI
Cara kerja bridge :
Setelah mengetahui ke segmen mana paket akan disampaikan, bridge melanjutkan pengiriman langsung ke segmen tersebut. Jika bridge tidak mengenali alamat tujuan paket, maka paket akan difordward ke semua segmen yang terkoneksi kecuali segmen alamat asalnya. Dan jika alamat tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal, bridge akan menolak paket. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast ke semua segmen kecuali segmen asalnnya.
9. ROUTER
• Menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya untuk mendapatkan route (jalur) terbaik
• Router bekerja pada layer network dari model OSI untuk memindahkan paket-paket antar jaringan menggunakan alamat logikanya

Sabtu, 05 Desember 2009

TUGAS KE 2

PENGEMBANGAN APLIKASI INTERNET UNTUK MASA
DEPAN INDONESIA YANG LEBIH BAIK

PENDAHULUAN

A. PERKEMBANGAN PENGGUNA INTERNET

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking, yang secara sederhana
bisa diartikan sebagai a global network of computer networks (Randal and Latulipe,
1995).
Dewasa ini, internet telah mengalami perkembangan yang luar biasa di berbagai
penjuru dunia. Pengguna internet telah berlipat ganda dari hari ke hari seperti
lompatan kuantum dalam jumlah. Hal tersebut juga terjadi di Indonesia.
Houghton mencatat pengguna internet di seluruh dunia sekitar 3 juta orang pada
tahun 1994, melonjak menjadi sekitar 60 juta orang pada tahun 1996, dan 100 juta
orang pada tahun 1998. Dan sekarang pengguna internet telah mencapai
1.093.430.359 orang. Sungguh suatu peningkatan yang luar biasa. Adapun data
lengkap statistik pengguna internet di berbagai benua di dunia saat ini sebagai
berikut :
Sementara itu, Tim Computer Network ITB pada tahun 1996 mencatat jumlah
pemakai internet di Indonesia mencapai 25.000 – 30.000 orang. Jumlah itu
meningkat menjadi ± 800 ribu orang pada tahun 1999 (Priyatmo, Kompas 12
Maret 2000). Menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia), jumlah tersebut meningkat tajam menjadi sekitar 2 juta orang pada
akhir tahun 2000 (Bisnis Indonesia, 4 Februari 2002). Pada akhir 2006,
jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 18 juta orang. Menurut Dirut PT
Telkom, Arwin Rasyid, dengan jumlah pengguna internet sebesar 18 juta, pengguna
internet di Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia. Dari jumlah tersebut,
di tahun 2007 ini, menurut Sylvia W. Sumarlin, Ketua Umum APJII, pengguna
internet di Indonesia berpotensi untuk bertambah 5 juta menjadi 23 juta pengguna.
Dan jumlah ini akan terus melonjak, diperkirakan mencapai 60 juta pengguna
pada tahun 2010 (www.republika.co.id, 1 Maret 2007)
Berdasarkan pernyataan Dirut PT Telkom, Arwin Rasyid, sebagaimana tersebut di
atas bahwa pengguna internet di Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia,
sedangkan kawasan Asia sendiri merupakan pengguna internet terbesar di dunia,
yakni sebesar 36 % dari jumlah seluruh pengguna Internet di dunia (lihat bagan di
bawah), maka pangsa pasar pengguna internet di Indonesia sangat potensial dan
strategis.
Internet yang memiliki kemampuan untuk : e-mail (surat-menyurat elektronik),
usenet newsgroup (kelompok diskusi online), listserv ( diskusi menggunakan e-mail
mailing list server), chatting, telnet (masuk ke komputer tertentu dalam jaringan
dan bekerja pada komputer tersebut), FTP (File Transfer Protocol), gophers
(menempatkan informasi yang disimpan pada internet server dengan menggunakan
hierarki menu), dan www (World Wide Web) ini semakin hari semakin diminati
masyarakat luas untuk berbagai kepentingan (Laudon and Laudon, 2000).
Dengan memiliki jaringan telepon dan seperangkat PC (Personal Computer)
dilengkapi modem kita pun bisa menikmati fasilitas internet menggunakan jasa
Internet Service Provider (ISP). Di Indonesia sendiri sekarang terdapat sekitar 90
PJI (Penyelenggara Jasa Intertnet).
Internet memiliki peran yang sangat strategis dalam kehidupan di era informasi
seperti sekarang ini. Umumnya masyarakat mengakses internet untuk beberapa
kepentingan, antara lain :
1. Mengakses informasi/berita di berbagai bidang,
2. Surat-menyurat elektronik melalui e-mail,
3. Melakukan transaksi bisnis / perdagangan (e-commerce / valas trading),
4. Memasarkan produk (promosi),
5. Mencari data ilmiah, artikel, dan yang semacamnya,
6. Chatting,
7. Dan masih banyak lagi.


B. WORLD WIDE WEB


Salah satu fasilitas yang paling dominan yang bisa kita dapat di internet adalah
www (World Wide Web), karena www inilah yang memfasilitasi berbagai jasa
internet yang bisa kita nikmati. WWW ini berisi data hypertext (data yang berisi
links ke data-data lain, baik dalam satu website maupaun antar website di seluruh
dunia) dengan menggunakan HTML (Hyper Text Markup Language). Adapun
lokasi www ini ditunjukkan oleh URL (Uniform Resource Locators).
Setiap hari di dunia maya lahir ribuan situs-situs baru yang menyajikan berbagai
macam hidangan dan jasa bagi para pengguna internet. Kita bisa mencari alamat
situs-situs tersebut sesuai dengan kategori yang kita ingini dengan menggunakan
search engines seperti Yahoo!, Google, Altavista, dan lain-lain. Dari sini kita bisa
mencari informasi yang kita cari, baik berupa teks, gambar, video, audio, program
software, game, dan jasa komputasional lainnya. Hampir bisa dikatakan semuanya
ada di dunia maya ini (baca: internet).

PENGEMBANGAN APLIKASI INTERNET

A. INTERNET SEBAGAI MEDIA VIRTUAL
Sebagaimana disebutkan di bab I bahwa internet memiliki berbagai manfaat dan
fungsi, maka menurut penulis yang paling menonjol dari semua fungsi tersebut
adalah sebagai media yang sangat efektif yang bisa digunakan oleh individu,
organisasi, perusahaan, maupun instansi pemerintah untuk menyediakan dan atau
mencari informasi, baik tentang produk (barang dan jasa) maupun informasi lain
yang tidak dapat diakses melalui media massa lainnya seperti televisi, radio,
majalah dan surat kabar.
Sekarang, hampir semua perusahaan, instansi pemerintah, dan organisasi memiliki
situs internet sendiri. Bahkan banyak juga individu perseorangan yang memiliki
situs pribadi, yang biasanya mereka bertujuan untuk bisnis. Oleh karena itulah,
kian hari peran internet semakin strategis dengan pengguna yang semakin banyak.
Bisa diprediksi suatu hari nanti internet akan menjadi media yang paling
berpengaruh bagi kehidupan masyarakat jika bisa diakses oleh seluruh populasi
manusia di seluruh dunia, apalagi internet memiliki keunggulan tersendiri dalam
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini tentunya akan membuka peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi
perorangan maupun perusahaan yang bisa melihat peluang ini. Bagi perusahaan
jasa telekomunikasi seperti PT Telkom Tbk, peluang ini harus dibidik dengan
seksama, kalau tidak ingin diambil alih oleh perusahaan lain yang bergerak di
bidang yang sama.

B. VISI INTERNET MASA DEPAN

Dalam World Economic Forum yang digelar di Swiss beberapa waktu lalu, dibahas
mengenai peran internet dalam lima tahun mendatang. Forum yang juga dihadiri
oleh Chairman Microsoft, Bill Gates ini seakan ingin menunjukkan kedigdayaan
dari kekuatan internet di dunia. “Dalam lima tahun mendatang, internet
diperkirakan akan mengubah peran televisi” demikian pernyataan Bill Gates.
Sebuah tantangan tersendiri bagi dunia pertelevisian, mengingat makin maraknya
konten video online, penggabungan fungsi PC dan akses internet yang berkecepatan
tinggi. Bill Gates melanjutkan, “Saya terperanjat mengetahui konsumen mulai
berangsur tidak menonton melalui pesawat televisi lagi dan mungkin lima tahun
lagi orang akan menertawakannya.” Dulu Bill Gates pernah mengemukakan bahwa
PC akan mengisi di setiap rumah di dunia…, dan hal itu sekarang telah menjadi
kenyataan. Kini apakah pernyataan Bill Gates akan menjadi kenyataan kembali?
Kita tunggu jawabannya 5 tahun mendatang (www.andriewongso.com, 31
Januari 2007).
Pernyataan Bill Gates di atas sangat beralasan melihat perkembangan internet
dewasa ini. Maka dari itu, penulis ingin memimpikan suatu hari nanti di Indonesia,
alangkah indahnya jika internet bisa diakses di setiap rumah tanpa harus
menggunakan kabel telepon dan dengan biaya yang murah. Sebagaimana halnya
dengan pemakain hanphone saat ini, demikian juga hendaknya dengan internet.
Walaupun sekarang sudah ada fasilitas internet seperti itu, namun yang bisa
menikmati hanya beberapa persen dari masyarakat kita dan tentunya dari
kalangan tertentu saja.
Bila perusahaan-perusahaan telekomunikasi nasional bisa mewujudkan sebuah
karya dimana internet bisa diakses di setiap rumah di Indonesia dengan mudah dan
murah, maka efeknya akan sangat dahsyat bagi masyarakat. Dengan bekerjasama
dengan perusahaan produsen PC, kemudian berkolaborasi menciptakan,
mengembangkan dan memasarkan produk super inovatif, “Paket PC plus Internet”
berbasis teknologi satelit kepada seluruh lapisan masyarakat, maka akan
menciptakan sebuah fenomena baru di dunia teknologi informasi Indonesia. Selain
akan meningkatkan kecerdasan masyarakat karena masyarakat akan menjadi
semakin melek teknologi dan informasi, juga akan menciptakan ladang bisnis baru
seperti kursus komputer, kursus internet, jasa servis komputer, jasa periklanan
dunia maya, dan lain-lain. Dan yang terutama harus direalisasikan adalah
penyediaan komputer murah dengan sasaran pasar kalangan menengah ke bawah.
Dalam beberapa tahun terakhir, hanphone telah memasyarakat hingga ke seluruh
pelosok negeri, sekarang tiba giliran internet. Why not?
Seandainya semua itu bisa terwujud, maka kita bisa mengakses informasi apapun
yang kita perlukan dari rumah, berkirim e-mail antar rumah, chatting dengan
tetangga dan teman, belajar kelompok online, barter data/informasi, melakukan
transaksi jual beli kebutuhan rumah tangga online, tading valas, e-commerce,
mengakses berita di seluruh penjuru dunia, melakukan survei online,
berkomunikasi dengan netter di berbagai belahan dunia, dan hal lain yang akan
sangat memudahkan kita dalam kehidupan. Dengan begitu, dunia akan terasa
makin kecil dan petualangan di dunia maya akan menjadi sebuah petualangan
paling mengasyikkan bagi siapapun.
Bagi praktisi bisnis, dengan beriklan di internet yang telah merakyat tentunya akan
sangat efektif dan efisien. Praktisi pendidikan juga akan sangat diuntungkan untuk
keperluah pencarian data, makalah ilmiah, dan informasi kependidikan global.
Begitu juga dengan lembaga lain yang membutuhkan sosialisasi kepada
masyarakat.
Dan akan sangat menakjubkan bila lembaga pendidikan kita dari tingkat SD
sampai tingkat Perguruan Tinggi bisa memiliki akses internet yang bisa
dimanfaatkan untuk para guru dan siswanya. Mereka bisa melakukan
pembelajaran jarak jauh online, cerdas cermat online, ujian negara online, atau
terobosan baru lainnya yang bisa mewujudkan Genius Learning Strategy, sehingga
mutu pendidikan di Indonesia bisa meningkat menjadi yang terbaik di Asia
Tenggara, Asia, bahkan dunia. Tidak seperti sekarang, hampir di urutan terbawah
di Asia Tenggara. Sungguh memprihatinkan!


C. EFEK NEGATIF YANG HARUS DIANTISIPASI

Seperti kita ketahui, selain memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan,
internet juga meiliki dampak negatif yang membahayakan dan harus mendapat
antisipasi yang serius.
Di internet bisa kita jumpai ribuan situs pornografi yang menyajikan berbagai
gambar dan produk porno yang bisa diakses dengan mudah. Hal ini tentunya akan
sangat berbahaya karena akan merusak pikiran dan moral masyarakat, terutama
generasi muda kita yang menjadi penerus eksistensi bangsa. Sudah banyak kasus
memalukan yang terjadi pada generasi muda kita sebagai efek negatif dari hal
tersebut dia atas. Untuk itu, antisipasi harus segera kita lakukan sedini mungkin.
Di negeri kita tercinta ini, penulis yakin banyak terdapat programmer komputer
yang handal dan jenius. Alangkah baiknya diadakan proyek bersama (pemerintah
dan swasta) untuk bekerjasama menciptakan sebuah “program anti situs porno”
yang mekasinme kerjanya seperti program anti virus dan digunakan di setiap
internet service provider yang beroperasi di seluruh negeri, sehingga jika internet
telah bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, efek negatif ini bisa diatasi.
Selain itu, pemerintah perlu segera membuat Undang-Undang (UU) Cyber Crime
dan segera memberlakukannya guna mencegah kejahatan dunia maya, misalnya
pembobolan kartu kredit dan hecker melalui internet. Menurut pengamat
multimedia, Roy Suryo, tahun lalu Indonesia menempati urutan keempat dalam
kejahatan dunia internet, data ini berdasarkan hasil penelitian dari dewan riset
internasional (Cybermq.com, 27 Novembar 2006).
Jika komponen-komponen pengamanan ini sudah direalisasikan, maka tidak ada
kekhawatiran lagi untuk menyosialisasikan dan “membumikan” internet kepada
masyarakat secara menyeluruh dengan akses yang cepat, mudah, dan murah
meriah.

PENUTUP

HARAPAN ANAK BANGSA

Pemaparan pada uraian sebelumnya adalah kristalisasi dari kerinduan penulis
yang ingin melihat bangsa ini bangkit menjadi bangsa yang cerdas dan berkualitas,
bangsa yang berbudaya dan menjadi kebanggaan.
Kemajuan teknologi informasi dewasa ini yang sangat pesat secara global, mau
tidak mau harus kita ikuti secara intensif kalau kita tidak ingin menjadi bangsa
yang tertinggal. Dan melalui teknologi internet ini, kita bisa melakukan terobosanterobosan
baru yang bisa memajukan bangsa kita, terutama bagi para pelajar yang
akan menjadi penerus perjuangan panjang bangsa Indonesia di masa mendatang.
Dengan pengembangan aplikasi internet kepada seluruh masyarakat ini,
diharapkan tidak ada lagi warga kita yang buta informasi dan buta teknologi.
Bangsa kita akan menjadi bangsa yang cerdas dan jenius dengan mengembangkan
potensi yang selama ini masih terkubur, dan akhirnya bisa sejajar dengan bangsa di
negara maju seperti Jepang dan Amerika.sekian dan terima kasih.
Sumber :

(www.andriewongso.com, 31 Januari 2007).

(www.internetwordstat.com, 31 Januari 2007).

(Bisnis Indonesia, 4 Februari 2002).

(Priyatmo, Kompas 12 Maret 2000).

(Cybermq.com, 27 Novembar 2006).